Senin, 21 Maret 2022

Pengalaman Berkuliah Semester 1-6

 

HAL-HAL MENARIK SEJAK SAYA BERKULIAH DI SEMESTER 1-6

NIM : 191110016
Nama : Lamhot Daniel Simorangkir 

Rekayasa Perangkat Lunak 12D1


☺Ceritakan dari awal kuliah sampai semester saat ini (VI) apa yang telah didapatkan :

Semua bermula disaat saya telah diterima di Universitas Mercubuana Yogyakarta, saya memulai masa orientasi pada bulan September 2019, dimana masa ini saya mengalami masa merantau kedua kalinya. Saat itu saya merupakan individual yang sangat susah untuk membangun sebuah relasi dengan sesama. Pada saat masa persiapan masa orientasi saya mulai mendapat atau mengenal beberapa teman yang dimana menemani masa persiapan masa orientasi saya dan juga semasa orientasi. Saya memulai semua nya dengan penuh kebahagiaan hingga masa orientasi kampus selesai. Ketika masa berkuliah saya memulai semester 1 dengan sistem tatap muka, sejujurnya dijurusan ini saya masih sangat baru dan awam oleh karena itu disaat pengenalan RPS, saya cukup kaget dengan ilmu yang dipelajari dan juga sistem perkuliahannya. Disemester awal dimulai dengan mempelajari algoritma , diskrit, kalkulus, etika, dll. Semua ini cukup susah bagi saya akan tetapi saya mencoba dengan semaksimal mungkin. Singkat cerita di bulan desember 2019 saya memulai pekerjaan PartTime saya sebagai SA di salah satu Brand di mall. Pada masa itu salah satu mata kuliah algoritma membuat sebuah Tugas akhir berupa project menggunakan Dev C++. Saya mencoba merampungkan tugas tersebut dengan sebaik dan sebisa saya, hingga pada saat project selesai yaitu ATM SEDERHANA, akan dilakukan presentasi untuk project tersebut. Presentasi ini dilakukan di akhir Tahun pada 31 Desember 2019, dimana pada saat itu saya sedang beekrja Shift pagi, dan pada saat break time, saya bergegas secepatnya menuju kampus untuk melakukan presentasi tersebut. Singkat cerita pada saat giliran saya untuk presentasi saya cukup gugup dikarenakan ini sangat baru bagi saya. Disaat presentasi saya menjelaskan point-point penting terhadap project saya , berupa logika , flowchart, manfaat, codingan , dan juga hasil running project. Walaupun belum sempurna tapi saya mendapatkan hasil yang baik.

Disaat libur semester 1 saya hanya menikmati waktu saya dengan tidur, jalan-jalan, nongkrong dan sebagainya dimana menenagkan pikiran saya, dan juga bekerja Part Time.Libur tersebut berjalan cukup cepat dari dugaan saya. Ketika memasuki semester 2 saya mulai kesusahan dengan matakuliah yang sangat menuntut konsentrasi dan logika saya. Di tahun 2020 ini Negara kita tercinta diserang oleh wabah virus global yaitu CORONA(COVID 19), dimana hal tersebut menghalang segala aktivitas lapisan masyrakat dengan lockdown dan karanita. Semua hal tersebut juga berdampak pada perkuliahan dimana sistem yang diterapkan yaitu e-learning atau pembelajaran jarak jauh, saya cukup kaget dan sangat stress disaat itu, dikarenakan saya cukup jauh dari jurusan ini saya sangat memerlukan penjelasan dosen yang sagat baik dan cermat secara tatap muka. Semua saya jalani dengan cukup banyak tekanan yaitu tugas yang cukup banyak dan juga bekerja parttime, saya memutuskan utuk berhenti bekerja dan fokus pada perkuliahan saya. Sistem E-learning ini sebenarnya bagi saya 50:50, dimana sistem ini berjalan tidak sesuai yang saya pikirkan dan harapkan, terkadang ada beberapa dose yang memberika materi yang cukup sulit tapi hanya memberika materi dan tugas, jarang sekali memberikan penjelasan yang cermat, dan akhirnya saya harus mencoba memahami sendiir dengan cukup susah dan stress ditambah dimasa itu Indonesia menerapkan sistem lockdown dan tidak bisa untuk pergi untuk healing. Tetapi singkat cerita saya cukup menyukai matakuliah database. dimana disaat matakuliah tersebut ada project yang harus dikerjakan, dan saya cukup senang dan bahagia saat mengerjakannya walaupun diawal pengerjaan saya cukup stress dan menangis karna ini semua sangat asing bagi saya. disaat project database selesai saya cukup senang.

Disemester 3 ini saya menjalani perkuliahan secara online lagi, oh ia selama corona saya bertahan di jogj untuk menjalani hari-hari saya, tetapi di semester 3 saya disuruh untuk pulang, lalu saya memilih Medan sebagai tujuan saya dikarenakan kakak saya akan wisuda dan saya  memiliki kerabat disana.  Semasa perkuliahan dirumah secara daring ternyata jauh lebih susah dan repot, dimana saya harus mengerjakan pekerjaan rumah dan menjaga adik saya sehingga saya cukup kesusahan mengatur waktu saya dan juga tugas yang diberikan setiap matakuliah cukup susah dan sangat sulit. Selama perkuliahan di rumah kami diberikan project lagi yaitu Object Oriented Programming dan juga data base yang dihubungkan. Sejujurnya project ini saya diluar pemahaman saya, saya sangat susah memahami dan mengerjakan dengan cukup stress ditambah tekanan dirumah yang membuat saya ingin hilang dari dunia hehehehhe. tetapi Puji Tuhan saya masih mengerjakannya dengan penuh rintangn walaupun hasil nya kurang puas tetapi saya sudah mencoba sebisa dan sebaik yang saya bisa.

Lalu disemester 4 saya kembali ke jogja agar bisa kuliah dengan benar dan suasana yang tenang. di semester 4 ini juga saya mulai meragukan diri saya, perkuliahan ini cukup berat dan susah dan saya mulai merasa apakah saya salah jurusan? walaupun pemikiran itu sudah ada sejak semester 1.Disemester ini lah saya cukup dibua kaget dengan project dan matakuliah yang jauh lebih susah untuk dipahami. Tetapi kembali ke diri saya, saya cukup nyaman dalam pengerjaan Database tetapi disaat harus dihubungkan dengan Java saya angkat tangan untuk hal tersebut saya sangat lemah. akan tetapi berkat bantuan pemahaman dari teman saya, saya bisa menyelesaikan semester 4 dengan baik dan hasil yang cukup baik.

Memasuki semester 5 dengan penuh harapn besar dan perjuangan, disemster ini lebih merujuk terhadap jurnal. Disemester ini juga saya mulai menghabiskan waktu saya dengan berkuliah , belajar dan juga nongkrong bersama teman-teman. Semester 5 juga dapat dilalui dengan baik walaupun cukup kebingunan dengan sistem ASN yang sangat kebingunana dan juga perubahan kurikulum. 


Lalu disini lah saya sekarang Mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Informatika UMBY. Saya harap semester ini dapat saya jalani dan berjuang dengan lebih baik lagi.


☺ Ceritakan menurut Anda, bagaimana pengalaman Anda selama kuliah secara e-Learning jika dibandingkan dengan kuliah secara TTM

Menurut pandangan saya pribadi pengalaman berkuliah secara E-learning sangat berat, dikarenakan kita dituntut untuk memahami materi secaa autodidak, dan juga terkadang ada beberapa dosen yang hanya mengadakan gmeet diawal pertemuan saja. Menurut saya pribadi untuk matakuliah yang cukup susah atau Codingan sepatutnya dijelaskan secara lisan agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa yang masih kurang paham, karna tujuan kita kuliah adalah untuk melakukan proses belajar dan mengajar. Dan juga tugas yang diberikan cukup banyak akan tetapi itu juga melatih mental dan ilmu mahasiswa untuk tujuan yang baik. Apabila dibandingkan dengan TTM, perkuliahan TTM akan lebih menyenangkan dikarenakan mudah mendengar penjelasan dari dosen dan lebih memhami dengan sistem tanya jawab secara face to face, dan juga dapat bertemu dengan teman-teman untuk melakukan belajar bersama. Dan juga untuk tugas kelompok apabila secara E-learning cukup susah dikarenakan banyak alasan yang digunakan untuk lepas dari tugas dan tanggungjawab. 

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Seputar Ke-kepoan

Bila anda Kuala Muda/Bestie berminat dengan Prodak yang kami sediakan silakan hubungi nomor yang Tertera di bawah.

Alamat:

Jl. Jembatan Merah Soropadan, Gejayan, Argomulyo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55752

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

082248386324

Diberdayakan oleh Blogger.